Rabu, 29 Juni 2016
Hai hai, berhubung sekarang banyak waktu luang, ane berminat membagi cerita pengalaman ane waktu menghadapi SNMPTN. Ya, gk ada ngerinya sih tapi ya jangan lupa juga kalo SNMPTN itu salah satu jalur masuk ke PTN. Dann.... jangan lupa juga kalo ditolak SNMPTN itu lebih sakit dari ditolak pacar lu - itupun kalo lu punya-. Dan terbukti, SNMPTN mampu membuat mu menangis ataupun termenung.Waktunya kembali ke topik.



 Apa sih SNMPTN itu?

 Mungkin bagi beberapa orang ada yang bingung sama SNMPTN(Dulu disebut SenamPTN), beberapa mungkin juga udah tau jadi ya gk ada salahnya kalo aku beritahu dikit :p. Well, SNMPTN seperti kata ane di atas, itu salah satu jalur masuk di Perguruan Tinggi Negeri. Ya, salah satu dari beberapa jalur dan SNMPTN itu yang paling mudah. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa ane bisa sebut mudah,Well itu semua karena SNMPTN tinggal setor Nilai Rapot -dan piagam prestasi kalo punya-  doang dan elu tinggal duduk manis nunggu selesai seleksi. Ingat, ane bilang paling mudah bukan berarti bisa dibilang gampang untuk ditembus. Nyatanya SNMPTN benar-benar butuh strategi. Satu saja kesalahan bisa membuat mu sakit hati.Pada saat inilah kemampuanmu untuk mencari informasi akan diuji.

Ok waktunya memulai perjalananku.


Mulai dari mana ya.... Hmm skip ke kelas 3 semester awal aja dah. Well, waktu semester awal biasanya ada guru BK yang bakal nyamperin tiap tiap kelas buat nyebarin Angket buat lu isi. Tolong bener-bener tolong jangan lu remehin dengan ngisi asal asalan ataupun telat ngisi karena ini salah satu hal yang akan membantumu lolos SNMPTN. Kenapa? Well dengan itu lu bisa tau urutan lu diantara temen temen lu. Ane udah ngisi sejujur jujurnya meskipun beberapa temen ane kagak mau ngisi. Well, untuk jurusan aku tulisa disana Teknik Informatika ITS dan Teknik Elektro ITS di pilihan ke 2. Mungkin beberapa dari kalian berpikir bahwa pilihanku pilihan yang nekat tapi apadaya ane cuman minat di dua jurusan itu.

Kabar tak terduga

Well hari demi hari berlalu hingga akhirnya ada pengumuman bahwa hanya sekian %(persen) siswa dapat mendaftar SNMPTN. Dengan harap harap cemas ane menunggu hari ane bisa ngecek. Well tanya tanya temen kok katanya pada kgk bisa ikut ane pun kaget plus bingung. Apakah ane jadi salah satu siswa yang bisa mendaftar atau tidak. Dan ternyata ..... jeng jeng ane bisa daftar. Well, akhirnya masuk hari penginputan data. Ane langsung buka webnya dan ngisi data data yang diperluin. TAPI..... untuk jurusan belum ku isi karena menunggu hasil grading oleh sekolah. Well setelah grading muncul ane pun kaget bahwa ane berada di urutan ke 3 di jurusan yang ane pilih... ya ke 3.... sedangkan Teknik Informatika ITS terakhir kali hanya mengambil 1 dari sekolahku.

Ambil resiko

Well, dengan data yang kuperoleh aku meminta saran dari orang tua dan tentunya dari guru disekolahku dan guru BK disekolahku. Orang tua mendukung ku ke Teknik Informatika ITS sedangkan Guru ku bilang lebih baik ambil Teknik Elektro ITS. Well, dengan pilihan nekat ane pun milih Teknik Informatika ITS. Well, bedain antara Nekat dangan Ngawur. Kalo nekat masih dipikir pikir lah kalo Ngawur mah asal ambil. Ane ambil Teknik Informatika ITS karena berbekal sertifikat yang lebih condong ke Teknik Informatika daripada Teknik Elektro. Dan juga meskipun ane di urutan ke 3 nilai ane bersaing dengan urutan 2 dan urutan 1.So .... itu dibilang nekat.

Menunggu pengumuman


Well, waktunya menghadapi Unas SMA. Unas kali ini "katanya" udah pake standar internasional. Dan juga sekolahku kena UNBK. Bedanya cuman ada kata kata BK. Bukan BK yang biasanya bikin ngeri tapi cuman "Berbasis Komputer". UNBK pun kujalani dengan penuh deg deg an. Setelah selesai aku koreksi semua jawabanku waktu dirumah. Well hasilnya cukup memuas kan wkwkwk. Setelah UNBK berlalu, aku terpikir pikir untuk latian SBMPTN. Ane bahkan udah beli buku SBMPTN karna takut gagal SNMPTN. Ane jaga jaga karena udah pernah merasa GAGAL waktu SD dulu dan ane  kagak mau hal itu terulang kembali. Waktu waktu setelah Unas pun juga aku manfaatkan untuk lebih mendekatkan diri dengan yang diatas.

Hari Pengumuman

Hari yang ditunggu tunggu. Dimana akan ada lebih banyak orang yang terpukul daripada orang yang bahagia. Terpukulnya bukan karena dipukulin orang jadi bonyok bukan. Tapi terpukul sakit hati ditolak SNMPTN. Well, ane dengan tangan yang bergetar getar mulai menunggu jam yang ditentukan. Setelah sekian lama ane menunggu akhirnya hari ini datang juga. Ane dengan sigap langsung membuka web pengumuman dan melihat hasilnya. Dan hasilnya adalah.....





Dengan bahagianya ane langsung bersyukur. Dan hal ini juga membukatikan bahwa tidak hanya nilai rapot yang berpengaruh dalam penentuan SNMPTN. Dan benar, nasib teman teman ane yang lain yang memilih Jurusan Ini harus gugur dipilihan mereka sendiri. Mungkin karena mereka tidak mengetahui bahwa ane memiliki beberapa piagam yang membantuku untuk lolos SNMPTN.

Sekian pengalaman ane bagaimana hasil dari SNM/SBM mu ? Share di komen yuk kisah mu ^^


0 komentar:

Posting Komentar

Ditunggu komentarmu